EDUKASI PENTINGNYA POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SDN 08 KONDA DI DESA LAMOMEA KECAMATAN KONDA SULAWESI TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.33772/mosiraha.v1i3.36Kata Kunci:
Anak-anak, PHBS, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Program PHBS merupakan program yang bertujuan memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku sehingga masyarakat sadar mau dan mampu mempraktekkan PHBS melalui pendekatan advokasi bina suasana dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perilaku hidup bersih dan sehat pada anak-anak di SD Negeri 08 konda wilayah Desa Lamomea Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Target dalam penelitian ini adalah anak anak SD kelas 4,5,6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 93.8% responden memiliki pengetahuan yang baik dalam perilaku hidup bersih dan sehat, sebanyak 87.5 % responden memiliki sikap baik, serta tidakan anak-anak terhadap hidup bersih dan sehat 37.5% memiliki tindakan yang cukup dan 62.5 % lainnya memiliki tindakan kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti berkesimpulan bahwa angka penilaian yang baik untuk pengetahuan dan sikap yang ditunjukan tidak dapat menjamin bahwa tindakan yang akan dilakukan sebaik dengan pengetahuan yang diketahui dan sikap yang ditunjukan. Berdasarkan pada kesimpulan diatas maka peneliti menyarankan kepada anak-anak agar lebih memperhatikan lagi bagaimana mempraktekan hidup bersih dan sehat agar tidak akan terserang penyakit, bukan hanya dari segi pengetahuan dan sikap yang baik ditunjukan akan tetapi di ikuti dengan tindakan yang dapat mencerminkan pengetahuan dan sikap yang baik.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmat Muliadi, Ruslin, Sunandar Ihsan, Handoyo Sahumena, Nasrudin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.